Sosialisasi Verifikasi dan hasil kunjungan PIS-PK, (Quick Wins) Program Penyelamat Ibu Bersalin dan Pembentukan Paguyuban Donor Darah di desa Wanasari

Kegiatan Sosialisasi Verifikasi dan hasil kunjungan PIS-PK, (Quick Wins)
Program Penyelamat Ibu Bersalin dan Pembentukan Paguyuban Donor Darah Lestari di desa Wanasari oleh Tim dari Puskesmas Sidamulya kecamatan Wanasari kabupaten Brebes diselenggarakan pada hari Kamis, 27 Februari 2020 bertempat di Balaidesa Wanasari. Kegiatan ini dihadiri oleh Pemerintah Desa Wanasari, Kader PKK, Kader Posyandu, BPD, LPM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Karang Taruna serta Organisasi Masyarakat lainnya.

Program PIS – PK adalah Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga yang merupakan salah satu program dari Agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Program ini didukung oleh program sektoral lainnya yaitu Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Kerja, dan Program Indonesia Sejahtera. Program Indonesia Sehat selanjutnya menjadi program utama Pembangunan Kesehatan yang direncanakan pencapaiannya melalui Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019.

Pada Pendekatan Keluarga untuk mewujudkan Keluarga Sehat ini terdapat 12 Indikator Keluarga sehat menurut  Permenkes 39 Tahun 2016, diantaranya :

  1. Keluarga mengikuti KB
  2. Ibu bersdalin di Faskes
  3. Bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap
  4. Bayi diberi ASI eksklusif selama 6 bulan
  5. Pertumbuhan dan perkembangan balita dipandu tiap bulan
  6. Penderita TB Paru berobat sesuai standar
  7. Penderita Hipertensi berobat teratur
  8. Gangguan jiwa berat tidak ditelantarkan
  9. Tidak ada anggota keluarga yang merokok
  10. Keluarga mempunyai akses terhadap air bersih
  11. Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat
  12. Sekeluarga menjadi anggota JKN/askes

Dalam kunjungan petugas Puskesmas ke warga berpedoman pada 3 indikator untuk Indeks Keluarga Sehat (IKS) PIS – PK.

  1. 0 – 0,5 (Tidak Sehat)
  2. 0,5 – 0,8 (Pra Sehat)
  3. > 0,8 (Sehat)

Dari total 1.325 KK yang terkunjungi IKS Desa Wanasari terdapat 489 KK kategori sehat, 795 KK kategori Pra-Sehat dan 41 KK kategori tidak sehat. Dapat disimpulkan bahwa hanya 26 % warga desa Wanasari yang kategori Sehat. Sedangkan untuk IKS Indonesia 17 %, IKS Jawa Tengah 18%, IKS kabupaten Brebes 11 % dan Kecamatan Wanasari 14 %

Rumusan Intervensi untuk peningkatan IKS desa Wanasari ada 2 alternatif :

  1. Intervensi bisa dilakukan menyeluruh, artinya seluruh RW di Desa Pebatan dilakukan intervensi sesuai masalah utama yakni dalam bentuk penyuluhan ditingkat puskesmas dengan topik yang capaiannya masih rendah yakni JKN, merokok, hipertensi dan ODGJ
  2. Intervensi dapat langsung difokuskan pada masing masing individu yang terlibat dengan melihat data kunjungan dan berkoordinasi dengan bidan desa dan pemegang program terkait

Program Penyelamat Ibu Bersalin

Quick Wins : Program Percepatan adalah Suatu inisiatif kegiatan yang menggambarkan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah.

Program Percepatan Bidang Kesehatan diantaranya Donor Darah Ibu Bersalin. Pelayanan darah yang aman dan berkualitas merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) melahirkan. Karena salah satu penyebab dari kematian ibu melahirkan adalah perdarahan. Untuk mencegah kematian ibu, diperlukan akses terhadap pelayanan darah yang cukup.

Untuk inovasi program (Quick Wins) Pelayanan Darah pada Ibu Bersalin di Puskesmas Sidamulya membutuhkan kerja sama antar lintas sektor, oleh karena itu perlu dibentuk Paguyuban Donor Darah Lestari. Program tersebut penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah yang bermakna menyelamatkan nyawa sesama manusia. Hasil dari musyawarah terbentuk Pengurus Paguyuban Donor Darah Lestari desa Wanasari Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes dengan Ketua Emon Ali Mashar,S.Pd, Wakil Ketua Budi Wiharsono, Sekretaris Lestari Sri Rahayu dan Bendahara Hasannudin dan beberapa anggota lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

<-- wqqd9333 --> <-- 4539333 -->