Pantauan Terhadap Warga Desa Wanasari yang Perantauan untuk Mengantisipasi Penyebaran Covid-19

Guna pencegahan penyebaran Covid-19 Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas Kominfotik Brebes menginformasikan kepada seluruh warga yang baru pulang dari perantauan seperti Jakarta, Bandung, Sumatra, Kalimantan maupun daerah lainnya yang termasuk zona merah terdampak Covid-19 Wajib lapor ke pihak desa yang kemudian lapor bidan desa nanti bidan desa ke Puskesmas  yang sudah ada gugus tugasnya. Semua pihak bersinergi bersama Cegah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pemerintah desa Wanasari ikut menghimbau kepada seluruh warganya untuk berhati-hati, waspada namun tidak panik.

Pantauan satgas penanganan Covid-19 terhadap pulang atau datangnya warga desa Wanasari yang perantauan atau tadinya tinggal di luar desa Wanasari dimulai pada hari Jum’at tanggal 27 Maret 2020 sampai dengan 5 April 2020 sudah tercatat 199 orang. Warga banyak yang dengan penuh kesadaran langsung mendatangi balai desa atau Posko Satgas Covid-19 yang bertugas jaga piket dari pagi sampai malam. Sebelum didata maka warga wajib cuci tangan pakai sabun atau Hand Sanitizer. Namun ada beberapa warga yang pulang perantauan sampai rumah dini hari langsung pulang ke rumah sehingga belum sempat lapor ke pihak desa. Biasanya keluarga atau tetangga mengingatkan yang bersangkutan untuk secepatnya lapor ke pihak desa. Pemerintah desa Wanasari secara terus menerus memantau dan menghimbau warga untuk jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan demi kesehatan bersama.

Dalam pelaksanaannya Satgas penanganan Covid-19 dan Petugas kesehatan di puskesmas pembantu (Pustu) sangat minim dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang standar. Perlengkapan APD yang dimaksud adalah minimnya masker dan sarung tangan, baju pelindung sama sekali tidak ada sehingga petugas ada yang menggunakan pakaian lengan panjang bahkan jas hujan yang parasit. Hal ini perlu dikoordinasikan lagi oleh beberapa pihak supaya lebih baik lagi dalam pencegahan dan kesiapsiagaan dalam penanganan Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

<-- wqqd9333 --> <-- 4539333 -->